Bagaimana Merekam Gitar Akustik

Merekam Gitar Akustik

Merekam gitar akustik merupakan hal yang menyenangkan. Begitu banyak musik menharuskan kita merekam gitar akusik. Dari ratusan track gitar akustik yang pernah saya rekam, saya belajar bahwa ada tiga hal penting yang harus diperhatikan.

1. Suara asli gitarnya.
Suara gitar yang akan direkam harus memiliki kualitas suara yang baik, kualitas senar yang baik, dan memiliki tune yang benar (tidak fals). Jika sumber suara gitarnya jelek, kita tidak bisa berbuat banyak untuk memperbaiki suaranya di proses mixing dan editing. Usahakan selalu menggunakan senar yang tidak berkarat dan sebisa mungkin baru. Pastikan tidak fals. Sekarang kita memiliki tuner gitar bahkan di smartphone kita.

willie_nelson_guitar

2. Input: ini berkaitan dengan dua hal : jumlah mic atau line dan peletakan Mic atau mic Placement. Biasanya, kami menggunakan 2 mic dan 1 kabel yang dicolok pada pick up guitar. Tapi pada prinsipnya lebih baik menggunakan satu mic yang suaranya bagus daripada dua mic yang menyedihkan suaranya. Kabel input biasanya disertai dengan DI box.

Peletakan jarak mic harus dicari yang terbaik dengan beberapa pertimbangan: kualitas suara, kesusaian dengan musik, kenyamanan saat bermain gitar. Saya biasanya mencoba-coba meletakkan mic di depan fret 12, fret 15, flet 17, dan di depan lobang gitar dengan dua jarak yang berbeda: sekitar 12 cm dan 20 cm. Jadi ada sekitar 8 variasi. Kemudian merekam semua kemungkinan ini. Setelah didengarkan baru kita bisa memutuskan jarak dan letak mana yang terbaik. Jarak yang terlalu jauh biasanya terdengar kurang hangat. Jarak yang terlalu dekat bisa terlalu tebal dan kurang terang. Jarak terlalu dekat dengan lobang akan membuat anda kerepotan memotong frekuensi sekitar 200. Intinya; cari jarak terbaik untuk menghasilkan suara terbaik.

3. Untuk strumming ( genjrengan ) selalu gunakan pick- guitar.
Dengan pick guitar anda bisa mendapatkan warna suara yang lebih jelas. Selain itu, suara yang ditimbulkan oleh gesekan senar dan pick menghasilkan efek perkusif yang bisa memperkaya musik anda. Selain ini, dengan suara ini, hasil rekaman bisa terdenga lebih natural.

Selamat mencoba. Semoga bermanfaat.
Jika ingin berinteraksi tulis comment di bawah ini, dan jgn lupa kunjungi www.musicinu.com.

2 Comments
  1. selamat siang admin, terima kasih banyak informasinya gw jadi banyak wawasan setelah mbaca baca tulisan sampean yang di tulis di halaman situs ini. salam kenal dari sutopo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *