Cukilan “Musik & Kosmologi”

Relax___Meditate_with_Music_and_Nature_Sounds-5566Beberapa tahun lalu saya membaca buku “musik dan kosmologi” yang ditulis oleh Prof. Shin Nakagawa.
Ada beberapa hal yang menarik yang saya ingat.

Salah satunya adalah tentang tubuh kita sebagai bagian dari alam atau dari kosmos. Dikatakan bahwa manusia dulu mampu mengetahui tanda-tanda dari cuaca hanya dengan mendengar suara kereta api yang bertemu dengan arah suatu angin. Namun karena teknologi maka orang tinggal mencari informasi ramalan cuaca, sehingga kemampuan manusia untuk mengetahui cuaca dari gejala alam sekarang tidak diperlukan lagi.

Ada lagi, ada resiko teknologi;
Munculnya mobil sebagai alat transport memang memudahkan, namun ternyata mengorbankan potensi untuk lebih sehat.
Demikian pula dengan kemampuan telinga karena kebisingan yang luarbiasa.

Saya menarik sedikit kesimpulan bahwa ternyata teknologi memang di satu sisi mempermudah, tetapi di sisi lain justru juga memiliki akibat yang kurang baik. Ia menumpulkan “indra” manusia yang luar biasa kemampuannya.

Kemampuan untuk bernyanyi baik dulu harus didapat melalui olahan bakat dan latihan yang tekun. Kini suara sumbang dan tidak tepat nadanya bisa diatasi dengan berbagai program yang ada di komputer.

Satu lagi, beliau setuju bahwa tubuh ini adalah bagian dari kosmos. Tubuh merupakan bagian alam yang dianugerahkan bagi jiwa. Siapa yang bisa memanfaatkan dengan maksimal dan bijak, pasti hasilnya hebat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *