Membuat OBB Panasonic Global Award

Klik di sini untuk lihat videonya:
OBB Panasonic Global Award

Berikut ini full scorenya:
OBB Panasonic Globel Award

Bumper pada sebuah program memang memiliki durasi yang pendek. Untuk membuat musik bumper untuk acara ini menjadi tantangan tersendiri. Durasi pendek memiliki beberapa keuntungan; kita tidak perlu repot memikirkan variasi pada pengulangan yang kita lakukan; karena pada dasarnya tidak ada pengulangan. Tetapi ke-efektifitasan melodi dan orkestrasi harus menjadi pertimbangan utama. Melodinya sederhana tetapi orkestrasinya harus menimbulkan kesan megah. Melodi yang saya pilih adalah Do-sol-mi-do-sol-fa-mi. Terdiri dari dua bagian unit melodi yaitu do-sol-mi-do yang merupakan pecahan dari chord I yang karena intervalnya lebar menimbulkan kesan lebar dan luas, dan unit melodi kedua adalah sol-fa-mi yang interfalnya lebih sempit menimbulkan efek yang kontras.

Tantangan berikutnya adalah orkestrasi; Pada unit pertama melodi yakni do-sol-mi-do yang sifatnya lebar, saya tetap menginginkan ada kerapatan pada line melodi. Maka string saya pilih untuk bermain dengan “running melody” yang cepat tetapi pada register yang betul-betul terpisah dari melodi pokok do-sol-mi-do. Berikutnya ketika sol-fa-mi, semua string dan tiup kayu, piano, bertemu dalam garis melodi yang sama.

Penambahan harpa, timpani, dan simbal, menyusul kemudian untuk membantu pencapian klimaks.

Untuk audio bumper ini saya tidak menggunakan sound effect. Saya hanya menggunakan musik saja, sebab kebetulan* gerakan grafis yang penting (yaitu berkilaunya garis di atas “Panasonic Globel”) sinkron dengan running string saya menuju akhir musik. Unsur kebetulan seperti ini kadang ditemui dalam membuat film bergambar. Biasanya kita sering sengaja membuatnya sinkron. Tetapi kadang-kadang tanpa sengaja musik dan gambarnya sinkron dengan sendirinya. Seperti dalam pembuatan musik saya kali ini.

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *